12

Informasi tentang kota tomohon, Press release untuk wartawan, Serta kegiatan-kegiatan pemerintah kota tomohon

Tuesday, February 7, 2012

Konselor Polandia Salut Kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE.Ak


Kota sejuk Tomohon ternyata memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara baik dari Asia, Amerika dan terutama dari Eropa, hal ini di tandai dengan berbagai kunjungan yang dilakukan secara bersamaan di mana pada beberapa hari yang lalu telah dikunjungi oleh puluhan bahkan ratusan wisatawan Asia dan penumpang kapal pesiar Mewah, kali ini Kota Tomohon kembali menjadi primadona bagi kunjungan selama empat hari oleh Romuald Morawski yang menjabat sebagai Konselor Pertama, Kepala Divisi Promosi Perdagangan & Investasi Kedutaan Besar Polandia. Konselor Polandia yang menginap di Highland Resort and Spa Kinilow, Saat berdiskusi bersama Kasubag Humas Djufry Rorong, S. Sos, Morawski memberikan pujian dan penghargaan kepada Walkota Tomohon Jimmy F Eman, SE.Ak yang telah sukses membawa Kota Tomohon sejauh ini. Morawski sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan  sekaligus mengatakan bahwa Kota Tomohon sangat potensial bagi pariwisata. Beliau memberikan masukan dan saran tentang pengembangan Kota Tomohon ke depan yang harus selalu berdasarkan kearifan lokal. Seperti membeli produk lokal untuk mensuport ekonomi lokal (buy local product to support local economy). sekaligus menyarankan agar Pemerintah membuat papan informasi pada obyek-obyek wisata yang ada dalam Bahasa Inggris.
Selama Kunjungan wisata Konselor bersama istri sangat menikmati obyek – obyek wisata yang dikunjunginya di kota Tomohon seperti Pasar Tradisional Tomohon, Rumah Panggung Woloan, Danau Linou, Panorama Rurukan begitu juga dengan Air Terjun Pinaras. Saat mengunjungi Pasar Tomohon Beliau sangat terpana dengan keanekaragaman yang ada di pasar tersebut. Uniknya sang konselor  meminta pihak Highland Resort & Spa untuk membeli dan memasak daging RW (=daging anjing) sebagai menu Makan siang mereka. Menurutnya RW dan Tikus hutan memilki khasiat tersendiri bagi tubuh manusia, seperti untuk pria yang rambutnya sudah  mulai rontok yang di iyakan Elzbieta Morawski istrinya. Sebelumnya Morowski dan istri turut beribadah di gereja Katholik Kelurahan Kakaskasen I. Beliau merasa  bangga dan kagum dengan membludaknya jemaat yang hadir pada ibadah tersebut. Pada tanggal 6 Februari 2012 Konselor Pertama Morawski dan istri akan mengadakan kunjungan resmi ke Provinsi Sulut. Maksud kunjungan tersebut yaitu untuk bertemu Gubernur SH Sarundayang serta perwailan SKPD terkait seperti Kadin, Disperindag, BKPM, dan IWAPI. Tujuan pertemuan tersebut adalah pertukaran informasi untuk mengupayakan peningkatan kontak para pelaku usaha Polandia dan Sulut, mendorong perdagangan dan investasi dua arah.Morawski akan menjelaskan mengenai sektor-sektor unggulan Polandia, Potensi eksport Polandia ke Indonesia, peluang investasi di Polandia, serta berbagai insentif usaha termasuk pemberian kredit bagi importir Indonesia. Sebaliknya Konselor Morawski berharap memperoleh informasi serupa dari Pemerintah maupun para pengusaha Sulut. Hasil dari kunjungan di Tomohon dan di sulut pada umumnya akan diteruskan kepada komunitas bisnis di Polandia serta dipaparkan dalam bahasa Polandia pada website Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi. Polandia merupakan Negara Uni Eropa yang terletak di jantung Benua Eropa, berbatasan dengan Jerman di sebelah Barat dan Laut Baltik di sebelah Utara.
Di penghujung wawancara beliau kembali Mengatakan bahwa Kota Tomohon merupakan Kota Yang sangat indah, serta memiliki banyak potensi pariwisata yang sangat layak di jual seperti wisata  Taman bunga, Gunung api, seni budaya, Kuliner, Wisata sejarah (bangunan-bangunan  peninggalan perang)  dan wisata alam lainnya. Tomohon sangat cocok untuk Kota Wisata baik para pencinta alam begitu juga untuk bulan madu. Beliau juga mengatakan Kota Tomohon sebagai surga untuk melepas kepenatan sebelum atau sesudah menyelam di Bunaken dan Lembeh. Keaneka ragaman hayati yang ada di Kota Tomohon dapat dimuat pada BBC Book agar Kota Tomohon masuk dalam 1100 taman firdaus dunia yang harus dikunjungi. Sekaligus promosi ke luar negeri untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Kota Tomohon. Selanjutnya Morawski memuji pelayanan Highland Resort & Spa yang di pimpin Charlie Liem.

No comments:

Post a Comment